Kamis, 16 April 2015

[RESUME] DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA

DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA
             Diagnosis merupakan istilah teknis dibidang medis. Menurut Thorndike dan Hagen, diagnosis dapat diartikan sebagai berikut :
1.   Upaya atau proses menemukan kelemahan atau penyakit apa yang dialami seseorang dengan melalui pengujian dan studi yang seksama mengenai gejala – gejalanya ;
2.    Studi yang seksama terhadap fakta tentang sesuatu hal untuk menemukan karakteristik atau kesalahan – kesalahan dan sebagainya yang essensial.
3.    Keputusan yang dicapai setelah dilakukan suatu studi yang seksaama atas gejala – gejala atau fakta tentang suatu hal.
                        Dalam dunia pendidikan diagnosis yang dilakukan merupakan upaya atau proses menemukan kelemahan seseorang yang bermasalah dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan mengamati fakta-fakta yang dikumpulkan selama proses pembelajaran yang telah dilakukan.
                        Kelemahan-kelemahan tersebut merupakan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Kesulitan-kesulitan tersebut dapat disebabkan oleh kondisi dari dalam diri siswa seperti psikologis siswa maupun kondisi fisiologisnya. Sedangkan kesulitan-kesulitan yang disebabkan oleh kondisi dari luar siswa bisa berupa fasilitas belajar atau lingkungan belajar yang merupakan penunjang dari proses belajar. Masalah eksternal tersebut dapat pula berasal dari dalam diri pengajar yang memberikan bimbingan dalam pembelajaran. Baik karena metodenya atau hal lainnya.
                        Kesulitan tersebut sangat penting untuk diperhatikan dan diatasi karena akan membawa dampak buruk bagi peserta didik itu sendiri maupun bagi lingkungannya. Biasanya terwujud dalam bentuk kemalasan belajar, frustasi, mogok sekolah, perkelahian dan sebagainya.
                        Oleh karena itu kelemahan-kelemahan tersebut harus dapat dideteksi atau didiagnosis oleh seorang pengajar dengan sistematik agar pemahaman pengajar terhadap kesulitan belajar siswa dapat diketahui secara mendalam sehingga langkah-langkah untuk menyelesaikannya dapat dilakukan dengan benar sampai kesulitan-kesulitan tersebut teratasi dan dampak negatif yang mungkin terjadi dapat dicegah. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1.      Diagnosa
Diagnosa adalah upaya sistematis yang dilakukan untuk memahami secara mendalam tentang hubungan antara kasus, masalah, dan faktor penyebab sebgai rangkaian kegiatan dalam rangka memahami fenomena masalah siswa. Diagnosa dapat dilakukan melalui proses identifikasi kasus, masalah dan faktor penyebab.
A.    Identifikasi Kasus
Identifikasi kasus merupakan upaya sistematis yang dilakukan oleh guru untuk menentukan siswa yang mengalami kesulitan belajar. Penentuan siswa yang mengalami kesulitan bisa dilakukan melalui pemahaman kondisi sosial pribadi siswa dan prestasi belajarnya. Adapun jenis-jenis siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah sebagai berikut:
1.   Peserta Didik Yang Cepat Dalam Belajar
Peserta didik yang cepat dalam belajar, pada umumnya adalah siswa yang dapat menyelesaikan proses belajar dalam waktu yang cepat dari pada ynag diperkirakan semula. Mereka dengan mudah dapat menerima materi pelajaran yang disajikan, dan mereka juga tidak memerlukan waktu yang lama untuk memecahkan permasalahan yang dihadapkan kepada mereka. Pada umumnya siswa yang cepat dalam belajar ini mempunyai IQ(tingkat kecerdasan) diatas 130, yakni tergolong genius atau gifted. Kedudukannya dalam kelompok selalu derada posisi atas.
Meskipun demikian, peserta didik ynag cepat dalam belajar sering juga mengalami kesulitan dalam belajar. Karena pada umumnya kegiatan belajar disekolah selalu menggunakan ukuran normal(rata-rata) dalam kecepatan belajar. Oleh karena itu, salah satu usaha untuk membantu mereka mengatasi kesulitan belajarnya adalah dengan cara memberiakn tugas-tugas tambahan kepada mereka sebagai bahan pengayaan.
2.   Peserta Didik Yang Lambat Dalam Belajar
Peserta didik yang lambat dalam belajar merupakan kebalikan dari pada siswa yang cepat dalam belajar, dimana peserta didik yang lambatdalam belajar memerlukan waktu yang lama/panjang dari waktu yang diperkirakan cukup untuk kondisi untuk siswa yang normal. Hal ini menyebabkan mereka sering merasa tertinggal dalam proses belajarnya, ssehingga mereka menemukan kesulitan belajar. Dipandang dari segi tingkat kecerdasan(IQ) pada umumnya peserta didik yang lambat dalam  belajar ini mempunyai IQ dibawah rata-rata atau normal, sehingga meraka memerlukan perhatian khusus dan waktu yang lebih lama dalam proses belajarnya.
3.   Peserta Didik Yang Kreatif
Peserta didik yang kreatif adalah siswa yang menunjukkan kreativitas yang tinggi dalam kegiatan-kegiatan tertentu, seperti dalam melukis, menggambar, olahraga.Kesenian, organisasi dan kegiatan kurikuler lainnya. Pada umumnya siswa yang kreatif ini terdiri dari pesrta didik yang cepat dalam belajar, disamping siswa yang normal(rata_rata). Peserta didik yang kreatif ini dalam proses belajarnya lebih mampu pula memecahkan permasalahan yang dihadapkan kepada mereka dengan berbagai variasi. Dalam memecahakan permasalahan yang dihadapkan kepada mereka lebih senang bekerja sendiri, percaya diri, dan mereka berani menanggung resiko yang sulit sekalipun, bahkan kadang-kadang bersifat destruktif, disamping sering juga bersifat konstruktif.Untuk mengembangkan kreativitas para peserta didik ini, sekolah diharapkan dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya.
4.   Peserta Didik Yang Drop Out
Peserta didik yang drop out adalah siswa yang tidak berhasil atau siswa yang gagal dalam kegiatan belajarnya.Adapun penyebab drop out ini banyak sekali, barang kali disebabkan oleh faktor yang ada didalam diri peserta didik sendiri, seperti kurang minat, malas dan sekolah/jurusan tidak sesuai dengan cita-cita dan lain sebagainya. Mungkin pula disebabkan oleh faktor eksternal, seperti kurikulum, metode mengajar yang digunakan guru, lungkungan masyarakat yang tidak  mendukung atau keluarga broken homedan lain sebagainya.
Dalam hal ini menjadi permasalahan adalah bagaimana membantu peserta didik yang drop uot ini, agar mereka dapat mebnjadi warga masyarakat yang berima dan bertaqwa serta berguna baik bagi dirinya sendiri maupun bagi bangsa dan negara.
5.   Peserta didik yang “Underachiever”
Peserta didik yang tergolong underachiever adalah siswa yang memiliki taraf intelegensi yang tergolong tinggi, akan tetapi memperoleh prestasi belajar yangtergolong rendah(dibawah rata-rata kelas). Peserta didik ini dikatakan “undercaheiver” kerena secara potensial, peserta didik yang memiliki taraf intelegensi yang tinggi mempunyai kemungkinan cukup besar untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi, akan tetapi dalam hal dibawah tersebut mempunyai prestasi belajar yang dibawah kemampuan potensial mereka.
Dari hasil penelitian para pakar, ditemukan bahwa tarap intelegensi pesrta didik yang underachiever ini diatas 100, akan tetapi prestasi belajar mereka berada pada golongan dibawah rata-rata. Dan jumlah mereka adalah sekitar 5 %-15% dari seluruh jumlah siswa disekolah tersebut.Peserta didik underachiever ini, dipandang sebagai siswa ynag mengalami kesulitan dalam belajar disekolah, kerena secara potensial mereka memiliki kemungkinan untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi.
Keadaan ini biasanya dilatarbelakangi oleh aspek motivasi, minat, sikap, kebiasaan belajar, ciri-ciri keperibadiaan tertentu atau pun pola-pola pendidikan yang diterima dari orang tua dan suasana keluarga  yang tidak mendukung. Sudah pasti peserta didik yang underachiever ini memerlukan perhatian yang istimewa dari para guru, guru pembimbing dan kepala sekolah.
Disamping kelima karakterristik yang telah diuraikan diatas, ada beberapa karakteristik lainnya,sepertilearning disabilities, learning disfunction, learninmg disorder. Learning disabilitas adalah peserta didik yang tergolong pada siswa yang karena sesuatu hal yang tidak mampu belajar atau mereka menghindar dari kegiatan belajar, sehingga prestasi belajar yang dicapainya meniadi rendah.
Learning disfuntion adalah gejala yang dialami peserta didik, dimana psoses belajarnya tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnyasiswa tersebut tidak menunjukkan adanya submoralitas mental, gangguan aklat dria, atau  gangguan psikologis lainya. Adapun peserta didik yang mengalami learning lisorder, adalah peserta didik yang mengalami kekacauan belajar, yakni kekacauan dimana proses belajarnya terganggu karena timbulnya respon yang bertentangan.

B.     Identifikasi masalah
Identifikasi masalah adalah upaya sistematis untuk memahami secara mendalam tentang hakikat dan esensi masalah yang dihadapi siswa. Identifikasi masalah ini dapat dilakukan oleh guru dengan cara mengkaji secara mendalam tentang jenis dan hakikat masalah yang menjadi faktor penyebab kesulitan belajar siswa.
C.     Identifikasi faktor penyebab
Identifikasi faktor penyebab adalah upaya sistematis yang dilakukan oleh guru untuk memahami hubungan antara kasus, masalah dan faktor-faktor penyebab munculnya masalah. Identifikasi faktor penyebab dapat dilakukan dengan memahami secara mendalam tentang kondisi objektif siswa baik yang menyangkut faktor dalam dan faktor luar siswa. Faktor internal atau faktor yang terdapat didalam diri peserta didik itu sendiri antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Kurangnya kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik.
2.      Kurangnya bakat khusus untuk suatu situasi belajar tertentu.
3.      Kurangnya motivasi atau dorongan untuk belajar, tanpa motivasi yang besar peserta didik akan banyak mengalami kesulitan dalam belajar, karena motivasi merupakan faktor pendorong kegiatan belajar.
4.      Situasi pribadi terutama emosional yang dihadapi peserta didik pada waktu tertentu dapat menimbulkan kesulitan dalam belajar, misalnya: konflik yang dialaminya, kesedihan, dan lain sebagainya.
5.      Faktor jasmaniah yang tidak mendukung kegiatan belajar, seperti ganguan kesehatan, cacat tubuh, gangguan penglihatan, ganguan pendengaran dan lain sebagainya.
6.      Faktor hederitas(bawaan) yang tidak mendukung kegiatan belajar, seperti buta warna, kidal, troper, cacat tubuh dan lain sebagainya.
Adapun faktor yang terdapat diluar diri peserta didik(faktor eksternal) yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah:
a.       Faktor lingkungan sekolah yang kurang memadai bagi situasi belajar peserta didik.
b.      Situasi dalam keluarga yang kurang mendukung situasi belajar peseryta didik, seperti broken home. Kurangnya perhatian orang tua karena sibuk dengan pekerjaannya, kurangnya kemampuan orang tua dalam memberi pengarahan dan lain sebagianya.
c.       Situasi lingkungan sosial yang menganggu kegiatan belajar siswa, seperti pengaruh negatif dari pergaulan, situasi masyarakat yang kurang memadai, gangguan kebudayaan, film, bacaan, permainan elekteonik, dsb.
. Faktor luar siswa bisa dipahami melalui pengenalan terhadap kondisi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan siswa baik secara khusus dan umum.

2.      Prognosa
Prognosa adalah upaya sistematis yang dilakukan oleh guru untuk mengidentifikasi berbagai alternatif bantuan yang dapat diberikan kepada siswa dalam rangka membantu kesulitan belajar siswa. Prognosa dapat dilakukan oleh guru dengan mempertimbangkan kesiapan sarana dan prasarana yang tersedia dan dapat dilaksanakan.
3.      Treatment
Treatment adalah upaya bantuan yang dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Treatment yang dipilih didasarkan atas karakteristik utama kesulitan belajar siswa, bisa bersifat langsung dan tidak langsung. Bentuk treatment bisa berupa pengayaan, pemantapan, remedial dan peningkatan. Treatment tidak langsung bisa berupa konseling dan psikoterapi oleh ahlinya melalui proses referal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar