Selasa, 04 Desember 2012

Nyari Tempat Kuliah 1


Alohaa!! -bukan iklan AC-. Setelah seberapa lama ga posting tulisan -walaupun urg gatau tulisan yg urg bikin ada yang baca atau engga- sekarang urg ngepost lagi karna urg gamau blog minimalis urg ini berahir kaya blog-blog go-blog urg yang dulu. Terbengkalai. Kemaren-kemaren urg ga sempet posting tulisan amatir urg karna kebetulan modem urg ini lagi dalam status dualisme kepemilikan antara urg dan s teteh. Padahal s teteh punya modem lebih wus-wus, tapi tetep aja percuma kalo ga diisiin pulsa. Jadi weh modem urg yg berpulsa melimpah karna subsidi mamah jadi rebutan. Terus ke so-sibukan kuliah urg memaksa urg mengabaikan kehidupan-kehidupan urg yg lainnya.

                Sekarang urg mau nyeritain tentang petualangan urg nyari tempat kuliah yang mau nampung urg. Lumayan banyak juga sih universitas2 yang urg coba mulai dari yang paling jauh sampe yang paling deket. Tapi buat yg paling deket, urg gamau ceritain. So, lets cek this ouuuut!


 Dilebaykeun mah nyarinya dari sabang sampai merauke

Sebelumnya urg mau cerita dulu. Kaya di film three idiot, orang2 tua tuh umumnya pengen anaknya jadi seorang dokter, atau insinyur. Dan orang tua urg jadi salah satu penganut teori itu. Dan tentunya urg juga jadi punya pikiran buat ngewujudin keinginan orang tua. Anak mana sih yang gamau bahagiain orang tua. Dan jadi seorang dokter adalah pilihannya. Mamah selalu giat nyari info tentang kuliah kedokteran dan urg Cuma ngangguk2 doang denger infonya. Kasian juga liat perjuangan mamah yang begitu niatnya masukin anaknya yg biasa2 aja ini ke kedokteran sedangkan anaknya cuma dengerin cuek kaya gitu. Universitas-universitas swasta pun mulai dilirik karna waktu itu jalur SNMPTN dan SM universitas negri belum dibuka


kalo dosen kedokteran kaya gini semua kayanya urg semangat masuk kedokteran

                Unswagati, Unjani, dan Unisba. Mulai dari Unswagati, mamah dapet info unuversitas ini dari kerempongan ibu-ibu sama temen-temennya. Kita mulai diskusi satu arah, mamah ngejelasin blablabla urg pun biasa aja. So, unswagati Cuma liat brosurnya aja tanpa ada kelanjutan. Sedangkan Unjani, ada peraturan disana yang nyebutin kalo “siswa yang masuk jalur undangan dan lolos seleksi, tapi udah diterima di Unjani dan telah melakukan pembayaran, uang tidak dapat diambil kembali” jadi salah satu alesan kenapa ga nyobain ngambil Unjani (itu pas jaman urg sih gatau gmna sekarang). Sayang dong kalo diterima di universitas negri tapi uang segitu melayang. Bagi konglomerat sih mungkin kecil, tapi buat kami sih cukup disayangkan uang segitu dibuang2 gitu aja. Makanya buat yang punya duit berlebih lebih baik disubsidikan buat orang yang lebih kurang beruntung dari kita, daripada buat foya-foya meningan buat bekal akhirat kan? ;) tring! Dan Unisba, kita udah kepalang takut rulenya sama kaya Unjani. Jadi dadah bye-bye...


 entah kenapa pas urg search google keyword "bye swasta" yang muncul kakek2 lagi ngeluarin kamehame


 


               Alhamdulillah dengan kapasitas otak yg segini urg masih dikasih kesempatan buat ikutan SNMPTN Jalur Undangan. Walupun rasanya nyesek juga karna banyak temen2 deket urg yang ga dikasih kesempatan ini, tapi yah inilah hidup, kadang kita harus beriring-iringan kadang kita harus nentuin nasib kita sendiri.

                Setelah muter-muter nyari jurusan dan universitas yang pas. Urg milih jurusan yang diutamain adalah pend. Dokter karna alasan yang udh urg jelasin diatas. Terus yg kedua urg milih perencanaan wilayah dan kota, karna urg suka estetika kota yang indah, cyeilah. Dan untuk universitas, akhirnya urg milih UGM dan UPI. Sebenernya sih asalnya urg pengen milih UNDIP daripada UGM karna urg pengen banget ngerasain gimana kota semarang, salah satu kota impian urg. Tapi UGM jadi pilihan karna disana daya tampungnya lebih gede daripada UNDIP dan tidak menyelenggarakan SM. Artinya, kalo UNDIP ga lolos kita masih bisa ikutan SM tapi kalo UGM ga lolos hanya SNMPTN tulislah kesempatan terakhirnya, jadi urg milih UGM. Dan untuk UPI katanya peluang masuknya lebih gede jadi aja ngisiin UPI dengan pend. Biologi sama BK jadi pilihan jurusannya atas dasar saran dari sana sini.

               Dan hasilnya... MAAF JANGAN PATAH SEMANGAT COBA LAGI GOSOK BUNGKUS ALE-ALE! Urg gagal di kedua universitas. Sedih banget sih nyesek pas waktu itu karna ini pertama kali urg ditolak oleh suatu instansi. TK urg lolos pilihan 1, SD lolos pilihan 1, SMP lolos pilihan 1, SMA lolos pilihan 1, UNIVERSITAS SNMPTN UNDANGAN ga lolos walaupun pilihan ke 2. Hupft. Belum move-on juga, urg nyari alesan kenapa urg ga diterima di keduanya.


 rada di-emo-keun biar gaul
 


Ntar tapi yah dijelasin alesan-alesannya, lanjut dulu ke kisah SNMPTN Tulis.

Next, ceritanya urg masih galau-galau gitu nih pas ditolak universitas pilihan urg pas undangan. Pukpuk dari keluarga bukannya memperbaiki keadaan malah semakin bikin nyelekit. Urg tau sih mereka pukpukin urg karena mereka sayang sama urg, biar urg jadi kuat. Tapi tetep aja nyelekit. Dan masih dalah keadaan yang semakin nyelekit itu untungnya waktu itu urg lagi deket sama seseorang yang jujur, waktu itu bisa nenangin urg banget. :) . Pengen rasanya waktu itu langsung ngeluncur nemuin dia terus ngomong kegundahan urg waktu itu. Mewek depan dia juga rasanya ga masalah (FYI aja nih yah, kata org cowo nangis tuh bisa ngerendahin derajat cowo itu sendiri. Tapi andai itu terjadi didepan dia, bagi urg, itu gabakalan pernah jadi masalah). Tapi dengan dia nenangin urg dari jarak jauh pake sms juga itu udah nenangin urg banget. Makasih someone who i called her maemunah. #ngahahahaaa


thanks for all :)
 
                Sejenak curhat barusan mari kita lanjutkan membahas petualangan urg sama universitas. Lalu, rg menatap suram cerah SNMPTN tulis. Bimbingan belajar semakin giat dan try out dikerjain sendiri. Alhamdulillah nih try out yg urg lakuin di bimbingan belajar beberapa sering dinyatakan lulus dengan berbagai strategi belajar dan pengerjaan soal yang dianjurkan waktu itu. Pas itu urg udah bisa ngeyakinin orang tua kalo pilihan urg adalah Perencanaan Wilayah dan Kota dan Ekonomi Syariah, kedokteran? Babay.

Daaaan, SNMPTN Tulis pun dimulai. Dengan salah kostum dengan berdandan ala SPG urg keliatan kece pas ngerjain SNMPTN Tulis. Hari pertama, lumayanlah karna Cuma ngerjain TPA dan Matdas doang. Pede sih mengingat target yang urg canangkan kaya di try out tercapai. Pulangnya masih bisa cengar cengir ala kuda binal. Besoknya? Soal-soal tingkat segitiga bermuda turun dari pemerintah, susah beud coy. Tapi teteplah sekurang pinternya urg, urg masih bisa ngerjain tu soal sesuai dengan target. Pulangnya? Masih bisa cengar-cengir ala orang stress.

Hari-hari berlalu dengan penantian panjang. Status lajang berubah berpacaran. Status KTP tetep masih belum kawin. Status palsu, tetep masih dinyanyiin vidi aldiano. Akhirnya pengumuman SNMPTN Tulis pun tiba. Hasilnya sih urg belum lolos juga. Kenapa nulisnya ga seheboh pas ditolak SNMPTN Undangan? Karna yaaa biasa-biasa aja :| Mungkin karna udah pernah ngerasain perihnya ditolak undangan, jadi pas ditolak tulis biasa-biasa aja sampai suatu kejadian bikin urg nyesel dan sedih banget. For more, just read my next post, SNMPTN Tulis dan Ulang Taun Mamah.

maaf mah, pa :)
 
Terus karna ketakutan urg ga diterima di universitas negri, urang langsung daftar ulang di universitas swasta yang urg udah dinyatakan masuk. Sebenernya urg gapapa banget masuk universitas itu. Tapi orang-orang disekeliling mandang negatif ketika urg ngambil keputusan itu. Keluarga sih ga ngeliatin langsung, tapi dengan memaksakan dan mengusahakan berusaha lebih jauh juga udah kelihatan gimana mereka tidak memberikan dukungan. Mungkin memang karena mereka pengen urg meraih yang terbaik.  Gitu juga sama temen-temen. Pernah suatu ketika temen urg ngomong langsung kaya gini, “ngapain pake daftar ulang kesana blablabla”. Actually, that’s really hurt. Tapi yah sekali lagi, mungkin karena mereka pengen urg dapet yang terbaik. Tapi waktu itu –dan jika sekarang urg ada disana- urg bangga ko masuk kesana. Siapa tau potensi urg bisa maksimal disana, who’s know?

Karna tuntutan tadi, jadinya urg mau usaha lebih lanjut. Walaupun ga disebut usaha yang usaha benget, tapi urg nyobain buat nurutin saran mereka dengan syarat ga perlu test lagi. Kebetulan UPI sama UNPAD ngebuka jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru dengan nilai SNMPTN Tulis. Artinya buat ikutan jalur mandiri di dua universitas tersebut gaperlu test lagi. Selain UNPAD sama UPI banyak juga yang ngeberlakuin sistem kaya gitu, kalo gasalah UB sama ITS juga ngeberlakuin sistem ujian mandiri kaya gitu waktu itu. Kenapa gacoba yang lainnya diluar UPI sama UNPAD? Ntar kita bahas :p

Singkat aja deh langsung pas pengumuman, asa cape ginih ngepostnya -.- Dan akhirnya alhamdulillah, mungkin yang terbaik, urg keterima di FPMIPA KIMIA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Makasih buat semua yg dukung especially orang-orang yang urg sebutin diatas. Masuk universitas bukanlah suatu akhir dari keberhasilan, karna sesungguhnya mulai dari sinilah kita berjuang buat hidup.


kata mario ozawa juga semangat tuh!!!


Note: Buat pembaca –mudah2an ada yang baca- kalo ngerasa kurang jelas atau mau share juga post di comment yah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar