Rabu, 20 Februari 2013

Call me...



Panggilan...
 
                Saya? Gue? Gw? Abdi? Sim kuring? Urang? Aing? Koe? Dewek? Isun? Atau me? Kadang suka pusing ga sih kalo misalkan memperkenalkan diri atau menyebut diri sendiri?  Saya mah suka kagok alias serba salah euy tentang nama panggilan teh. Emang sih seharusnya disesuaikan sama situasi dan kondisi yang ada, tapi tetep, saat kita nulis tulisan kaya di blog ini, kita harus konsisten dengan sebutan yang akan kita gunakan. Hal itulah yg menjadi kegalauan saya saat milih-milih panggilan buat saya sendiri. Gimana bisa jay? Aslinya gitu? Gitu aja ko repot? Eeeh, cekidot dulu deh kenapa saya sempe pusing. 


ilustrasi ajay (panggilan sementara) lagi pusing

1. Urang atau disingkat Urg (Latar belakang masalah)
Yang pertama adalah urang atau disingkat urg. Karna ajay (panggilan sementara) orang sunda, jadi sehari-hari sama temen-temen pake panggilan urang. Urang dalam bahasa sunda bisa berarti bermacam-macam seperti panggilan kepada diri-sendiri; mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu; atau makna lain yang ajay gatau. Tapi ternyata setelah diterapkan di tulisan blog ini selama beberapa posting, ternyata panggilan urang itu terasa cukup janggal. Protes dari pembaca (yang dipaksa buat ngebaca) pun mengalir deras karna panggilan itu. Alaylah, kasarlah, atau apalah. Sebagai penulis yang (mencoba) baik, ajay pun mempertimbangkan memilih lagi kata yang pas buat disebut di blog ini sehingga lahirlah tulisan ini.



contoh penggunaan urang dalam kalimat lain diluar blog ajay. artinya:
"LALU SAYA HARUS MENIKAH DENGAN MUZDALIFAH GITUH?"
 

2. Abdi

abdi disini bukan abdi slank yah, kalo abdi slank ditulisnya abdee (gaul euy nulisna abdee) :(

 
Karna panggilan urg yang kontroversial, ajay (panggilan sementara) sempet mempertimbangkan buat ngegunain nama panggilan ini buat tulisan di blog ini. Tapi kenapa engga jadi? Karna panggilan ini terasa sangat lembut dan terlalu lembut buat blog yang isinya hardcore pop punk heavy metal ini. So, pikiran untuk menggunakan kata abdi sebagai panggilan lenyap begitu saja...

3. Saya
Ketiga, saya. Biasa digunakan ketika situasi formal seperti rapat, dalam forum, atau pas transaksi jual beli hukum dinegara kita. Situasinya formal. Yang jadi masalah, ketika kita ngegunain kata saya pas diblog yang isinya non formal, rasanya gimana yah, kaku gitu deh :| terus kalo kata saya digunain pas percakapan biasa, errrr, kata s @fikrypl sih asa sombong gimanaaaa gitu tah. Dan ajay pun mengamini pernyataan s fikrypl itu. (ajay = panggilan sementara)

4.Gue atau Gw
Next, gue atau gw. Nah belum dibahas kenapa serba salah menggunakan gue/gw aja kita udah berdebat, sebenernya yang bener itu gue atau gw? Kalo gue, kemungkinan laper saat berbicara atau menulis akan meningkat seiring otak kita yang mindsetnya ke makanan terus. Yap, kata gue jika diplesetin deket-deket ke kata kue akan menjadi sesuatu yang berbahaya pada penderita obesitas. Terus kalo gw? Emm errr bisa aja sih pake gw yang ga terlalu kontroversial. Tapi masalahnya, ajay (panggilan sementara) tuh hidup di tatar sunda atau jawa barat. Jadi ketika mengeluarkan kata-kata gue atau gw, hati ajay tuh mendadak galau. Air mata mendadak turun dan ee pun mendadak keluar. Menurut penelitian, banyak orang yang menilai kalo orang akan dinilai menjadi serasa so gaul banget saat nyebut diri sendiri dengan gue/gw :’) 

iyakan iya? so gaul? hmm...



5. Saya (lagi)
Dan akhirnyaaaaa, ajay (panggilan sementara) memilih kata saya buat blog ini kedepannya. Mengapa demikian? (formal-in dikit) Karna menurut ajay nih, panggilan saya terasa cukup mewakili diri ajay sendiri. Saya! Bisa dimodifikasi dengan membubuhkan akhiran “H” agar terlihat lebih ramah dan nyunda menjadi kata sayah. Karna emang sayah mah dari sunda atuh. Gamaulah sampai kehilangan identitas diri sendiri. Sok yah kalo kalian pergi ke tatar sunda terus kalian nemuin orang sunda asli dan bilang saya, pasti bilangnya gini, “sayah itu...” atau “saya mah...”! (tapi gatau juga ketang :( ) Makanya ajay milih panggilan saya aja dengan tetap membubuhkan aksen-aksen sunda, kecuali dalam situasi tertentu dan tetep, sewaktu-waktu panggilan dapat berubah yah hhaa *ga konsisten*

Okedeh, terlepas dari panggilan apa yang bakalan kalian gunakan, intinya sih saya mah cuma berharap ketika kita nentuin panggilan apa yang bakalan kita gunain, lebih baik panggilan itu bikin kita nyaman, enak didengar, sesuai sama situasi dan kondisi serta harus sesuai sama jati diri kita. Hhahaa *absurd*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar