Kamis, 26 Juli 2012

Puisi Kontemporer?


Tadi tuh urg dengan terpaksa beres-beres kamar urg, karna emang kamar urg waktu itu udah ga layak disebut kamar. Bahkan mungkin ruang pribadi urg itu menjadi salah satu alesan kenapa populasi tikus dirumah urg meningkat. Singkat cerita, urg beresin tuh kamar dan salah satu barang yang banyak adalah sampah-sampah kertas peninggalan SMA urg. Cukup banyak deh kertas-kertas itu sampe-sampe bisa menuhin keresek belanja yang super gede. Iseng-iseng nih urg cek satu persatu kertas-kertas itu. Mulai dari kertas ulangan bernilai 95 sampai kertas surat kecil dari mantan. Nah salah satu kertas yang menarik perhatian urg adalah kertas draft tugas bahasa Indonesia urg. Kertas draft puisi kontemporer urg.

Urg tuh sbnernya org yang mengagumi banget sama puisi kontemporer, karna puisi kontemporer itu puisi yang membebaskan kata dari makna, membebaskan kalimat dari arti, dan mungkin membebaskan ariel dari penjara. Jadi pada intinya, menurut urg, puisi kontemporer adalah suatu bentuk pengekspresian diri yang tidak ada batasnya dan tidak ada aturannya. Meskipun pada kenyataannya guru-guru bahasa dan para ahli tetep ngebuat aturan mengenai puisi kontemporer tersebut.


Disini urg bakalan posting beberapa puisi kontemporer buatan urg. Walaupun urg ragu apakah ini termasuk puisi kontemporer atau bukan.

naskah puisi urg yang udah kesiram tinta

1. BUKAN! BUKAN!!
  

Sempuras bukan kerdak
Kerdak bukan rongsok
Rongsok bukan bekas
Bekas bukan sampah
Sampah bukan ampas
Ampas bukan tahi
Tahi bukan aku
Tentu, aku bukan kamu

Kalo misalnya tuh puisi harus mengandung arti atau makna, ngerti ga apa makna yang disampein urg dipuisi itu? Yah, urg nyiratin makna kalo kamu yg dimaksud dalam puisi itu cuma sempuras. Euu tapi kalian jangan tersinggung yah kan ini cuma karya sastra, bukan dalam arti yg sebenernya. Sebenernya urg pun ragu kalian tau arti kata sempuras. Okey sempuras bisa disetarain sama ampas sampah kerdak ee dan rongsok.



2. MANTERA

                                Segelas kopi hitam
                                Sebatang rokok super
                                Setengah batok kelapa
                                Sebuah kerangka boneka
                Arang campur dupa
                Saaaaaah! Tsaaaaaaah!
                Jadilah sebagai sebuah perantara

Ini sih singkatnya matra pemanggil jelangkung versi puisi kontemporer, kalo versi biasanya sih gini, jelangkung jelangset disini ada pesta, pestanya pesta kecil, datang tak dijemput pulang tak diantar. Semoga kalian yang baca ga tiba-tiba didatangin jelangkung yah! Berdoa aja yang banyak.


3. Pasti Tuhan Segalanya

Tuhan Maha Pencipta
Tuhan Maha Kuasa
Tuhan Ciptakan Batu
Tuhan kuasa lenyapkan batu
Tapi bisakah Tuhan ciptakan,
Batu yang Ia tak kuasa tuk Ia angkat?


Sebenernya text aslinya Cuma segitu. Tapi setelah dipikir-pikir urg takut dosa kalo Cuma buat puisi kaya gitu. dan urg pun takut banyak yang musrik pas baca puisi itu, jadi aja urg lanjutin nulis kelanjutan puisinya


Tuhan ciptakan akal
Tuhan ciptakan pikiran
Tuhan kuasa lenyapkan akal
Tuhan kuasa lenyapkan pikiran
Tapi janganlah kita pikirkan
Sesuatu yang tidak harus kita pikirkan
Hanya yakin, Pasti Tuhan Segalanya


Dan yang harus kita yakini banget adalah, pasti Tuhan segalanya. Lakukanlah sesuatu karna Tuhanmu, niscaya perbuatanmu adalah sesuatu yang benar. Yaah jihad, bagi orang muslim, bisa dilakuin dengan berbagai cara ko. Asal niatnya bener dan Allah pasti bakalan bales semua perjuangan kalian.


Lumayanlah segitu sebagian puisi kontemporer yang urg buat dan lumayan juga deh kultum yg sedikit urg buat. Semoga bisa jadi amalan baik di bulan ramadhan ini walaupun barusan urg lupa solat subuh. Babay!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar